Panduan Memilih Warna untuk Dinding Rumah

0
35
views

Apa yang membuat Anda memilih suatu produk dibandingkan produk yang lain? Lalu factor apa yang bias mempengaruhinya mana tau tidaknya ruangan yang Anda tempati? Menurut penelitian, 60% faktor yang mempengaruhi kenyamanan kita terhadap suatu tempat/produk adalah: Warna.

Ketertarikan kita pada warna sering disebut dengan color psychology. Secara tidak sadar, kemanapun kita pergi kesuatu tempat, alam bawah sadar kita pastiakan merespon keberadaan warna di sekeliling kita. Pemilihan warna akan sangat menentukan suasana hati dan respon kenyamanan kita pada suatu tempat, entah itu di kantor maupun saat berada di rumah. Itulah mengapa, Anda perlu memperhatikan pemilihan kualitas warna agar membuat rumah Anda nyaman untuk ditempati.

Tips and Trick

  1. Mulailah dari ruangan yang kecil

Jika Anda belum cukup yakin untuk mulai mengaplikasikan warna di rumah Anda, cobalah untuk memulainya di ruangan-ruangan kecil, seperti kamar mandi, dinding pemisah ruang, dan area-area kecil di antara ruangan.

Cobalah untuk mengeksplorasi jenis warna yang Anda pilih. Pilihlah ruangan yang proses pengeringan catnya cepat, sehingga Anda bisa segera melihat hasilnya. Jika Anda puas dengan warna yang dihasilkan, segeralah untuk memilih warna tersebut. Sebaliknya, jika Anda masih belum cukup puas, ulangi proses pengecatan di ruang yang minimalis tersebut. Eksplorasi pencarian warna ini akan sangat membantu Anda untuk menentukan warna yang cocok untuk dinding rumah Anda

  1. Sesuaikan warna ruang dengan suasana hati

Memilih warna pada sebuah ruangan harus disesuaikan dengan suasana hati yang Anda inginkan ketika berada di ruangan tersebut. Misalnya, Anda ingin memberi aksen warna di dinding ruang kamar Anda. Secara otomatis, warna yang Anda pilih tentu saja harus mampu mendukung suasana hati yang tenang dan nyaman untuk beristirahat. Pilihlah warna-warna lembut, sejuk, dan netral.

Beda lagi jika Anda terapkan pada ruang makan. Pilihlah warna yang kontras dan lebih cerah untuk menciptakan suasana yang ramah ketika Anda berada di ruang makan.Jika Anda menginginkan suasana yang lebih formal untuk tamu-tamu kehormatan yang singgah di ruang makan Anda, pilihlah warna yang netral, atau paduan hijau dan biru muda.

Lain halnya dengan ruang bermain khusus anak-anak Anda. Pemilihan warna di ruang anak-anak bisa beresiko dua hal, yakni: menciptakan energi yang aktif, atau perasaan tenang dan tertib. Hindari pemilihan jenis warna yang terlalu cerah. Dalam beberapa kasus, pemilihan warna yang sangat cerah akan menyebabkan suasana ruangan tersebut terasa mengancam dan membuat anak Anda mudah resah.

  1. Perhatikan kualitas cahaya ruangan

Anda harus bijak dalam menentukan warna dinding. Sesuaikan dengan sumber cahaya yang ada di ruangan tersebut. Ketiga sumber cahaya yang biasa masuk kedalam ruangan adalah cahaya matahari, lampu neon, dan lampu pijar. Ketiganya memiliki karakteristik masing-masing.

Lampu pijar atau yang sering disebut juga lampu bohlam, mengeluarkan warna kuning yang mengandung suasana yang hangat. Sedangkan, lampu neon menunjukkan warna yang lebih cerah dan tajam.

Sesuaikan ketiga sumber cahaya tersebut dengan pemilihan warna dinding ruangan Anda. Dengan memadukan lampu penerangan dengan warna dinding, akan turut menciptakan suasana harmonis di ruang rumah Anda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here